• slider2
  • slider2
Beranda > Berita

Lagu Pilihan

Video Pilihan

HIGHLIGHT Konser GIGI Reunion - 27 Sept 2018 - THE PALLAS


Ketika Soundtrack Mission: Impossible Disajikan Dengan Musik Gamelan

Ketika Soundtrack Mission: Impossible Disajikan Dengan Musik Gamelan

Lagu tema atau soundtrack film Mission: Impossible yang ikonik mewarnai gelaran Kulon Progo Festival (Kulfest) 2017 hari terakhir, Minggu (26/11/2017).

Namun Djaduk Ferianto dan kelompok musiknya, Kua Etnika, meramunya secara berbeda. Sesuai dengan namanya, Kua Etnika memberi sentuhan etnik ke dalam komposisi karya Lalo ]Schifrin itu.

"Ini diaransemen oleh Kua Etnika judulnya Misi Tidak Mungkin (film Mission Impossible)," ujar Djaduk mengawali aksinya bersama Kua Etnika di panggung Jodipati di area Bendung Khayangan, DI Yogyakarta.

Penonton yang hadir memasang wajah-wajah penasaran seakan bertanya apa jadinya sebuah komposisi berwarna techno remix kemasukan musik gamelan.

Komposisi Schifrin itu digubah ulang oleh drummer dan bassis U2, Adam Clayton dan Larry Mullen Jr, untuk film Mission: Impossible pertama.

Djaduk dan Kua Etnika menggantikan melodi perkusi dan brass yang unik dalam komposisi ikonik itu dengan dentingan gamelan Jawa.

Uniknya, ia juga memasukkan bunyi-bunyian dari mainan pistol-pistolan yang terbuat dari kayu, bersahutan dengan tabuhan drum.

Bumbu lainnya adalah kaleng kosong yang ditengahnya disematkan tali tipis yang mengeluarkan bunyi seperti ayam berkokok. Suara itu ia kawinkan dengan melodi gitar elektrik.

Namun pemeran utamanya tetap musik gamelan. Meski terdengar sangat etnik, ramuan Djaduk dan Kua Etnika itu tak menghilangkan nyawa lagu tema film Misson: Impossible tersebut.

Selain itu, Djaduk dan kawan-kawan juga menyuguhkan karya mereka yang lain, yakni "Jawa Dwipa" dan "Swarna Dwipa".

"Dari Jawa Dwipa kita akan lari ke daerah Jawa Timur, Banyuwangi. Satu nomor dari karya seniman besar di Banyuwangi kemudian kami interpretasi baru. Versi dari Kua Etnika jadinya sedikit berbeda. Akan dinyanyikan oleh Mbak Silir. Dia seorang pesinden dari Yogya," ucap Djaduk lalu mempersembahkan Andung Andung.

Kulfest 2017 yang berlangsung tiga hari, menghadirkan sejumlah pertunjukan seni tari dari lokal maupun mancanegara. Salah satunya maestro tari Indonesia, Didik Nini Thowok.

Festival ini dikemas secara pop karena juga menampilkan beberapa musisi favorit Indonesia, ada Sheila On 7, Andien, Dewa Budjana feat Tri Utami, Endank Soekamti, Mata Jiwa, Payung Teduh, hingga Gugun Blues Shelter.

Sumber : http://entertainment.kompas.com/read/2017/11/27/182107710/ketika-soundtrack-mission-impossible-disajikan-dengan-musik-gamelan

Berita Lainnya

Kabar Duka, Penyanyi Didi Kempot Meninggal Dunia
Kabar Duka, Penyanyi Didi Kempot Meninggal Dunia
Penyanyi campursari Didi Kempot dikabarkan meninggal dunia.... Readmore
WINNER Janjikan Konser Spektakuler Untuk Penggemar Indonesia
WINNER Janjikan Konser Spektakuler Untuk Penggemar Indonesia
Boyband asal Korea Selatan, WINNER, menjanjikan sebuah konser yang... Readmore
Steven & Coconut Treez Hingga Didi Kempot Bakal Meriahkan Big Bang Jakarta 2019
Steven & Coconut Treez Hingga Didi Kempot Bakal Meriahkan Big Bang Jakarta 2019
Big Bang Jakarta 2019 akan digelar pada 21 Desember 2019-1 Januari... Readmore